Facebook sekran sudah menjadi suatu situs jejaring sosial yang cukup terkenal , maka disini saya akan mengenalkan kepada kalian tentang sejarah dan perkembangan fb.Asal mula
Facebook berawal ketika Mark Zuckerberg (saat itu mahasiswa semester II
Harvard University) membuat sebuah situs kontak jodoh untuk rekan-rekan
kampusnya. Zuckerberg yang terinspirasi dari situs Hot or Not menamai
situs buatannya Facemash.com. Metode situs ini yaitu menampilkan dua
foto pasangan (pria dan wanita), di mana selanjutnya dua pasangan ini
akan dipilih oleh para anggota situs mana pasangan yang paling “hot”.
Nah, untuk menampilkan foto-foto pasangan di situs ini, Zuckerberg
berupaya dengan segala cara mencari foto-foto rekannya dengan cara
keliling ‘door-to-door’ untuk meminta foto.1
Saking nekatnya, Zuckerberg membobol
akses jaringan komputer kampusnya untuk mendapatkan foto-foto tambahan.
Namun aksi ini diketahui pihak kampus dan mereka selanjutnya memblokir
situs Facemash.com diikuti dengan tindakan sanksi kepada Zuckerberg
dengan ancaman akan memecatnya dari kampus (walaupun ancaman ini tidak
jadi direalisasikan). Atas tindakannya itu, Zuckerberg membela diri
dengan mengatakan “Tindakan pihak kampus yang memblokir situs
facemash.com memang benar alasannya, namun sayang mereka tidak menyadari
potensinya yang bisa saja menjadi alat pendongkrak popularitas bagi
kampus itu sendiri”. Ia melanjutkan “Cepat atau lambat, nanti juga akan
ada orang lain yang membuat situs serupa”.
2004
Tidak kapok, pada semester berikutnya,
tepatnya pada tanggal 4 Februari 2004, Zuckerberg membuat sebuah situs
baru bernama “The Facebook” yang beralamat URL:
http://www.thefacebook.com. Untuk situs barunya ini, Zuckerberg
berkomentar sarkas: “Menurutku upaya pihak kampus yang ingin membuat
media pertukaran informasi antar civitas akademik yang butuh waktu
bertahun-tahun adalah hal yang konyol. Dengan situsku ini, aku bisa
mengerjakannya cuma dalam waktu seminggu saja”.2
Saat pertama kali diluncurkan “The
Facebook” hanya terbatas di kalangan kampus Harvard saja. Dan sungguh
menakjubkan! Dalam waktu satu bulan para penggunanya sudah mencakup
lebih dari setengah jumlah mahasiswa Harvard saat itu. Selanjutnya,
sejumlah rekan Zuckerberg turut bergabung memperkuat tim
thefacebook.com. Mereka adalah Eduardo Saverin (analis usaha), Dustin
Moskovitz (programmer), Andrew McCollum (desainer grafis), dan Chris
Hughes.
Bulan maret 2004, thefacebook.com mulai
merambah ke beberapa kampus lain di kota Boston, AS dan juga ke sejumlah
kampus ternama seperti Stanford, Columbia, Yale, dan Ivy League. Tak
butuh waktu lama, situs ini telah tersebar penggunaannya di hampir semua
kampus di AS dan Kanada. Bulan Juni 2004, Zuckerberg, McCollum dan
Moskovitz memindahkan markas ke Palo Alto, California. Di sini mereka
turut dibantu juga oleh Adam D'Angelo dan Sean Parker.
Pertengahan 2004, thefacebook.com mendapat investasi pertamanya dari salah seorang pendiri PayPal, Pieter Thiel.
2005
Bulan Mei 2005, thefacebook.com mendapat
suntikan dana segar hasil join venture dengan Accel Partners. Tanggal
23 Agustus 2005, thefacebook secara resmi membeli nama domain mereka
dari Aboutface.com seharga USD 200.000 dan sejak saat itu penggalan
frase “the” tidak dipakai lagi sehingga nama mereka resmi menjadi
facebook.com.
Pada tahun 2005 ini juga, facebook telah
memperluas jangkauan pengguna ke kalangan pelajar SMA. Masih di tahun
yang sama, sejumlah universitas di Meksiko, Inggris Raya, Australia dan
Selandia Baru juga sudah bisa menikmati jaringan Facebook.
2006
Awal tahun 2006, Facebook diisukan akan
diakuisisi oleh sebuah perusahaan dengan harga USD 750 juta, bahkan
tawarannya melonjak hingga USD 2 miliar. Namun kabar ini tak terbukti.
Pada bulan April 2006, Facebook mendapat suntikan dana segar USD 25 juta
hasil investasi dari Peter Thiel, Greylock Partners, dan Meritech
Capital Partners. Bulan Mei tahun yang sama Facebook mulai merambah
benua Asia melalui India. Di pertengahan tahun, gilliran Israel dan
Jerman. Akhirnya pada 11 September 2006, Facebook merubah status
registrasinya menjadi “free to join” bagi semua pemilik alamat email
valid di seluruh dunia.
2007
Bulan September 2007, Microsoft
mengumumkan telah membeli 1,6% saham Facebook senilai USD 15 miliar.
Dalam pengambilan saham ini juga tercakup kesepakatan bahwa Microsoft
memiliki hak untuk memasang iklan mereka di Facebook. Melihat langkah
ini sejumlah pemain raksasa lain seperti Google, Viacom, Friendster juga
mengungkapkan minat mereka untuk berinvestasi di Facebook. Sebelumnya
di tahun 2006, Yahoo! telah menawarkan tawaran akuisisi senilai USD 1
miliar. November 2007, seorang miliuner Hongkong Li Ka-shing menanam
investasi senilai USD 60 juta di Facebook.
2008
Pada Agustus 2008, majalah Business Week
melaporkan sejumlah pihak lain telah ikut menanamkan saham di Facebook
sehingga diperkirakan nilai Facebook berkisar antara USD 3.75 miliar
sampai USD 5 miliar
Situasi Situs
Pengguna Facebook kini dapat bebas
bergabung ke banyak jaringan yang diatur berdasarkan kota, lokasi kerja,
sekolah maupun negara. Jaringan-jaringan ini kemudian akan
menghubungkan para anggotanya. Sesama pengguna dapat berhubungan dengan
teman-temannya dan bisa saling melihat isi profil pribadi.
Situs Facebook mendapatkan pemasukan
utama dari iklan-iklan yang terpasang padanya. Para pengguna bebas
membuat profilnya masing-masing yang di dalamnya bisa berisi foto dan
info-info pribadi lainnya. Selain itu dapat juga saling mengirim pesan,
bergabung dengan sebuah grup atau lebih. Secara default, Facebook
mengatur profil pengguna hanya bisa diakses oleh sesama pengguna yang
telah berteman. Namun pengaturan ini bisa nanti dirubah jika diinginkan.
Microsoft adalah mitra eksklusif
Facebook dalam menayangkan iklan-iklan banner. Inilah sebabnya mengapa
Facebook hanya menayang iklan-iklan yang termuat dalam jaringannya
Microsoft. Menurut comScore (situs periset internet marketing) saat ini
Facebook mengumpul data pengguna sebanyak yang dikumpulkan oleh Google
dan Microsoft.
Dalam hal tampilan, Facebook sering
dibanding-bandingkan dengan MySpace dan Friendster. Namun perbedaaan
utama antara mereka ialah MySpace dan Friendster mengizinkan pengguna
mendekorasi tampilan profilnya dengan fitur HTML dan CSS, sedangkan
Facebook hanya mengizinkan fitur teks saja sehingga semua tampilan
profil pengguna terlihat seragam.
Fitur
Facebook memiliki sejumlah fitur
interaksi antar sesama pengguna yang di antaranya adalah fitur
‘Wall/Dinding’, ruang tempat sesama pengguna mengirimkan pesan-pesan
terbuka, ‘Poke/Colek’, sarana untuk saling mencolek secara virtual,
‘Photos/Foto’ ruang untuk memasang foto, dan ‘Status’ yang menampilkan
kondisi/ide terkini pengguna. Mulai Juli 2007, Facebook mengizinkan
pengguna untuk mengirim berbagai lampiran (tautan, aplikasi, dsb)
langsung ke Wall/Dinding, di mana sebelumnya yang diizinkan hanya teks
saja.
Seiring perjalanan waktu, Facebook
menambahkan beberapa fitur baru ke dalam situsnya. Pada September 2006,
Facebook mengumumkan peluncuran News Feed/Rangkaian Kabar Berita yang
berisi kilasan informasi dari masing-masing pengguna. Mulanya fitur ini
bersifat terbuka dan bisa dilihat oleh siapa saja. Namun setelah
mendapat keluhan dari beberapa pengguna, pihak Facebook merubah
pengaturan fitur ini sehingga kini pengguna dapat mengatur mana yang
bisa ditampilkan di News Feed/Rangkaian Kabar Berita dan mana yang
tidak.
Fitur Catatan/Notes ditambahkan pada 22
Agustus 2006. Dalam fitur ini pengguna bisa mengimpor tulisannya di blog
lain (Xanga, LiveJournal, Blogger, dll) untuk ditampilkan di Facebook.
Tanggal 7 April 2008, Facebook meluncurkan salah satu fitur favorit
yaitu ‘Chat/Obrolan’, tempat di mana para pengguna bisa saling berkirim
pesan pribadi secara langsung dan real time.
Fitur ‘Gifts/Hadiah’ dimulai pada 8
Februari 2007. Fitur ini adalah fitur untuk saling berkirim hadiah.
‘Hadiah’ bisa dibeli dengan harga USD 1 dan ditambahkan pesan pribadi.
Tanggal 14 Mei 2007, Facebook memperkenalkan ‘Marketplace’ yang
mengizinkan pengguna untuk beriklan secara gratis. Fitur beriklan gratis
ini dibuat untuk menyaingi fitur serupa yang diperkenalkan oleh
Craiglist.
Juli 2008, Facebook merapikan tampilan
situs sehingga setiap kategori (dinding, info, foto, dll) memiliki
tab-tab terpisah. Mulai Maret 2009, Facebook merapikan tampilan
“Home/Beranda”.
Platform
Pada 24 Mei 2007, Facebook mempromosikan
Facebook Platform. Ini adalah sarana bagi para pengembang software
untuk menciptakan aplikasi yang bisa digunakan di Facebook. Langkah ini
segera disambut oleh para pengembang software sehingga sampai 25 Maret
2009 tercatat ada 52.000 aplikasi dengan jumlah pengembang sebanyak
660.000 pihak.
Perkembangan Negatif
* Pada Desember 2008, Mahkamah Agung
Australia memutuskan menggunakan data-data pengguna Facebook sebagai
salah satu dasar dalam penentuan putusan perkara.
* Universitas New Mexico pada Oktober
2005 memblokir akses Facebook dalam jaringannya dengan dalih situs
Facebook bukan merupakan situs penunjang kampus. Pemerintah Provinsi
Ontario, Kanada juga memblokir akses Facebook dengan alasan yang hampir
serupa.
* Beberapa negara sampai saat ini masih
melarang akses Facebook ke warga negaranya. Pemerintah Syria melarang
akses Facebook dengan alasan situs ini akan dimanfaatkan oleh Israel
untuk meluaskan pengaruhnya. Pemerintah Iran juga memblokir Facebook
karena khawatir media ini akan digunakan pihak oposisi untuk menggalang
jaringannya.
* Pada 5 Februari 2008, seorang warga
negara Maroko, Fouad Mourtada, ditahan oleh kepolisian setempat karena
membuat profil palsu atas nama Pangeran Moulay Rachid yang merupakan
salah satu anggota keluarga Kerajaan Maroko.
* Sejumlah pengguna yang ingin keluar
dari jaringan Facebook mengeluh kesulitan dalam menghapus profilnya. Hal
ini terjadi karena sebelumnya Facebook hanya mengizinkan pengguna untuk
sekedar deaktivasi saja sedangkan data-data pribadi tetap tersimpan
dalam server Facebook. Kebijakan ini banyak dikritik oleh para pengguna
yang ingin benar-benar menghapus seluruh datanya. Menanggapinya, pihak
Facebook kemudian merubah kebijakan pada 29 Februari 2008 sehingga sejak
saat itu pengguna yang ingin keluar dapat meminta data-data pribadinya
untuk dihapus sama sekali dari jaringan Facebook.
* Pada 2004, ConnectU, sebuah situs yang
mirip dengan Facebook, membuat tuntutan hukum kepada Zuckerberg atas
tuduhan penjiplakan ide kreatif dan source code. Para pendiri ConnectU
(Divya Narendra, Cameron Winklevoss dan Tyler Winklevoss) yang merupakan
rekan sekelas Zuckerberg di Harvard beranggapan bahwa konsep dasar
Facebook adalah ide mereka dan Zuckerberg hanyalah orang yang disewa
untuk mendesainnya.
* Seorang warga negara Kanada, Adam
Guerbuez, pernah memanfaatkan situs Facebook untuk mengiklankan produk
pembesaran penis dan penggunaan mariyuana. Pihak Facebook kemudian
menggugat Guerbuez di pengadilan setempat dan memenangi gugatan itu.
* Pada 24 Juli 2008, Grant Raphael,
seorang warga Inggris diseret ke meja hijau atas tuduhan membuat profil
palsu yang isinya menghujat mantan rekan bisnisnya, Mattew Firsht,
sebagai seorang homoseksual.
* Pesepakbola tenar Italia, Alessandro
Del Piero menggugat Facebook pada 9 Februari 2009 karena memuat profil
palsu dirinya yang berisi tautan-tautan ke berbagai situs propaganda
Nazi. Del Piero kemudian menyatakan bahwa ia bukan pendukung Nazi dan
sama sekali tidak pernah memiliki akun apapun di Facebook.
Kondisi Terkini
Terlepas dari berbagai kontroversi di
atas tak bisa dipungkiri bahwa demam Facebook sedang mewabah di seluruh
dunia. Jadi kini tergantung anda sendiri memanfaatkan Facebook untuk
tujuan apa dengan mempertimbangkan resiko-resiko yang menyertainya.
Apapun itu, saat ini menurut comScore
Facebook adalah situs jejaring sosial terkemuka di dunia mengalahkan
MySpace dan menurut Alexa untuk peringkat global berada di peringkat
kelima, hanya kalah dari Google, Yahoo, Youtube dan Live. Sedangkan
penghargaan yang pernah diterima adalah "Top 100 Classic Websites" tahun
2007 dari PC Magazine dan "People's Voice Award" tahun 2008 dari Webby
Awards.
Konsep Facebook kini juga banyak dijiplak di beberapa negara yang di antaranya adalah:
StudiVZ — yang memiliki versi-versi bahasa:
Jerman: studiVZ.de
Perancis: studiQG.fr
Italia: studiLN.it
Spanyol: estudiLN.es
Polandia: studentIX.pl
Hungaria: iwiw.hu
Selain StudiVZ, ada juga:
* Australia: studentface.com.au
* China: xiaonei.com
* Russia: vkontakte.ru
* America Selatan: unibicate.com
* Turki: studentSN.com, unihayat.com, youniTR
* Esperanto: Amikumu.com.
Muslim || Girl || Student || SONE
Langganan:
Posting Komentar
(
Atom
)
Blog Subscription
Search this blog
On Instagran !!!
Let's Sing
NOW !!!
Categories
- Fancam ( 2 )
- Film ( 1 )
- Girls' Generation ( 21 )
- I Got A Boy ( 1 )
- JKT48 ( 1 )
- KEY ( 1 )
- Leeteuk ( 2 )
- Lirik Lagu ( 19 )
- My Adventure ( 1 )
- Pengetahuan ( 4 )
- PKN ( 1 )
- Profil ( 7 )
- Seni Musik ( 2 )
- SHINee ( 1 )
- Single Jepang ( 2 )
- Super Junior ( 13 )
- TaeTiSeo ( 1 )
- Yoona ( 1 )
- YOUNIQUE UNIT ( 1 )
- Yuri ( 1 )
- 少女時代 ( 1 )
Archives
-
▼
2012
(
54
)
-
▼
April
(
16
)
- SEJARAH SERTA PERKEMBANGAN FACEBOOK
- Lyric lagu Echo- SNSD + arti dalam bahas Indonesia
- Profil dan Fakta HyoYeon SNSD
- PROFIL JESSICA SNSD
- PROFIL SUNNY SNSD
- Profil Dan fact Taeyeon SNSD
- PROFIL dan FACT Yoona SNSD
- Sejarah Museum Sangiran
- Lirik Lagu Super Junior - SUPER GIRL
- Lirik Lagu Seoul Song
- Lirik lagu No Other Super Junior
- Profil - Kyuhyun Super Junior
- Lirik Lagu The Boys SNSD
- SNSD – Time Machine Lyrics
- KOLEKSI MUSEUM SANGIRAN
- Profil dan fakta - fakta Leeteuk Super Junior
-
▼
April
(
16
)
Diberdayakan oleh Blogger.
0 komentar :
Posting Komentar